B-SHAD

Inspirasi lifestyle, entertaiment, teknologi, olah raga, bisnis, internet, otomotif, design, news, game, dan lainnya

Cara Sehat Menu Buka Puasa

Cara Sehat Menu Buka Puasa
Tahukah anda bahwa Menyantap menu berbuka puasa berbahan pemanis buatan sangat potensial memicu gula darah naik dan menambah resiko penyakit hipoglikemia. Oleh karena itu dr. Diana Suganda, Mkes, menyarankan untuk mengganti pemanis buatan dengan pemanis alami.
Berikut cara agar gula darah tidak naik saat buka puasa ala dr. Diana:
1. Menyantap buah kurma sebagai pengganti pemanis buatan karena kurma juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menetralkan kadar gula darah.
2. Untuk para ibu-ibu yang memasak kolak untuk buka puasa bisa mengganti atau mengurangi gula pasir/jawa dengan menghaluskan labu kuning atau ubi jalar. Lalu siapkan santen encer. Mengurangi penggunaan gula pada kolak juga bisa mencegah naiknya kadar gula dalam darah.
3. Saat membuat koktail, dr. Diana menyarankan untuk mengganti air sirup dengan jus buah. Jus buah akan membuat koktail tetap manis walau tanpa gula dan sirop. Pilihan buah; melon, semangka, atau air kelapa (diutamakan buah yang manis dan mengandung banyak air).
4. Membuat puding atau agar-agar Menurut dr. Diana gula pasir untuk puding atau agar-agar bisa diganti dengan buah-buahan. Anda bisa membuat puding dan agar-agar isi buah segar. Untuk pemanis lainnya, Anda bisa menambahkan air kelapa, jus jeruk, atau jus tomat. Menurut dr. Diana, agar puasa bisa tetap sehat dan bugar, Anda harus pandai dalam memilih menu buka puasa yang sehat.
“Kita harus cermat memilih menu berbuka, agar puasa tetap sehat, dan bisa menikmati makanan,” kata Diana . Mengganti gula dengan buah-buahan sebagai pemanis alami adalah langkah yang tepat. Selain manis, menu buka puasa Anda jadi jauh lebih bergizi dan tentunya aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.
Post by: Anonymous On Sep 5, 2012
Title :Cara Sehat Menu Buka Puasa
Url :http://b-shad.blogspot.com/2012/09/cara-sehat-menu-buka-puasa.html

Belum ada komentar untuk "Cara Sehat Menu Buka Puasa"

Post a Comment