B-SHAD

Inspirasi lifestyle, entertaiment, teknologi, olah raga, bisnis, internet, otomotif, design, news, game, dan lainnya

Kenapa Rokok Tidak Ada Tanggal Kadar Luasa?


Sadarkah anda bahwa ternyata rokok tidak memiliki tanggal kadarluasa?? mungkin bagi beberapa orang yang sadar bahwa rokok tidak memiliki tanggal kadarluasa akan bertanya-tanya kenapa bisa gk ada kadar luasanya ya??.

Tulus Abadi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang ditemui di Jakarta, mengatakan, sejak awal rokok adalah barang kedaluwarsa karena merupakan racun. Rokok tidak punya tanggal kedarluwarsa karena dianggap sebagai produk legal.
“Ada salah kaprah sejak awal. Ini jelas barang mengandung racun yang harusnya diberi label ilegal. Kalau racun, baik pemerintah maupun WHO harusnya menyatakan bahwa rokok itu legal sehingga tidak bisa bebas dijual,” katanya.
Dari sisi perlindungan konsumen, lanjut Tulus, setiap produk yang dikonsumsi masyarakat seperti makanan, obat-obatan, dan kosmetik wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa.
Masa kedaluwarsa dalam sebuah produk berarti produk tersebut layak pakai atau layak dikonsumsi oleh konsumen serta aman untuk tubuh manusia. Ketika sebuah produk tidak mencantumkan masa kedaluwarsa, maka jelas tidak layak untuk dikonsumsi.
“Persoalannya rokok masih menjadi komoditas di bidang ekonomi. Masih dianggap sebagai penyumbang cukai terbesar bagi negara. Padahal, penerimaan negara dari cukai tembakau itu sebenarnya disumbang sendiri oleh para perokok, bukan perusahaan rokok,” katanya.
Mia Hanafiah, Ketua Harian Komite Nasional Pengendalian Tembakau, menambahkan, apabila industri rokok ini terus berlangsung, akibatnya sudah jelas, yakni kematian, penyakit, dan korban. Jika industri ini diatur lewat regulasi yang jelas, jumlah kematian dan korban akibat rokok dapat dikendalikan.

Post by: Ricky RP On Aug 28, 2012
Title :Kenapa Rokok Tidak Ada Tanggal Kadar Luasa?
Url :http://b-shad.blogspot.com/2012/08/kenapa-rokok-tidak-ada-tanggal-kadar.html

Belum ada komentar untuk "Kenapa Rokok Tidak Ada Tanggal Kadar Luasa?"

Post a Comment